Zaman Millenial Memerlukan Esport Dikembangkan Sebagai Kemajuan Teknologi

Zaman Millenial Memerlukan Esport Dikembangkan Sebagai Kemajuan Teknologi

  • Post Author:
  • Post Category:eSport

Esport merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi dibidang olahraga yang kini tengah viral dan banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Kemunculannya sendiri hingga saat ini masih menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat. Mengingat olahraga ini tidak mengandalkan kekuatan fisik namun lebih banyak menggunakan smartphone.

Kondisi tersebut tentu akan sangat berpengaruh pada ketergantungan terhadap handhone dan juga media elektronik lainnya. Setidaknya kini setidaknya kini di tanah air pengguna smartphone telah mencapai angka 371,4 juta, jika dipresentasikan maka besarannya mencapai 142 persen. Artinya sudah melebihi total populasi sebanyak 262 juta jiwa.

Dari angka tersebut bisa disimpulkan bahwa setiap orang di Indonesia tercatat menggunakan 2-3 kartu seluler. Manusia kini telah bergantung pada handphone, pasalnya teknologi pada media elektronik tersebut kini mampu menyediakan segala kebutuhan manusia. Mengingat hal tersebut membuat pakar electronic sport Indonesia menjadi dilema akankah electronic sport perlu dikembangkan atau tidak.

Kelebihan Esport yang Wajib Anda Ketahui

Esport memiliki beberapa kelebihan dan dapat memberikan keuntungan pada siapa saja yang memainkannya. Kelebihan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan keuntungan materi

Pada ajang kompetisi electronic sport memang menjanjikan reward ataupun hadiah berupa materi yang jumlahnya cukup besar. Sehingga olahraga satu ini cukup menggiurkan, karena jika Anda mampu menjadi pemenang dengan kemampuan diatas rata-rata maka Anda berhak mendapatkan hadiah tersebut.

Baca juga: Tim Esport Game Online Dengan Pendapatan Fantastis Disepanjang Tahun

  1. Pemain electronic sport dikenal banyak orang

Jika Anda mampu seorang pemain electronic sport yang professional maka Anda bisa membuat konten kemudian diupload pada akun sosial media yang miliki. Dengan begitu Anda akan mudah sekali menjadi viral dan dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini juga menjadi salah satu motivasi mengapa seseorang ingin menjadi pemain electronic sport.

  1. Media menyalurkan hobi untuk lebih dihargai

Bagi Anda yang suka bermain game maka Anda bisa menyalurkan hobi Anda tersebut dengan menjadi pemain electronic sport. Sehingga hobi Anda tersebut bisa menjadi sebuah prestasi dan lebih dihargai. Terlebih jika Anda mampu menjadi pemain electronic sport professional maka kemampuan Anda akan diakui oleh orang lain.

Alasan Mengapa Bermain Game Online Termasuk Olahraga Esport

Permainan game online juga termasuk pada kategori olahraga, bahkan esport sendiri telah dipertandingkan pada ajang sea games tahun lalu. Mengapa game online termasuk olahraga, berikut ini alasannya:

  1. Ngegame juga mengeluarkan tenaga fisik

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Recognizing Esport as a Sport, memainkan sebuah game online juga termasuk olahraga. Karena kegiatan tersebut juga merupakan aktivitas fisik kategori menengah dengan kadar oksigen mencapai 40 hingga 60 persen. Selain itu bermain game online juga meningkatkan metabolism dalam tubuh sebanyak 4 sampai 6 net.

Baca juga: Cara Bermain Dan Gameplay Pada League Of Legends

  1. Bermain game juga membutuhkan kecerdasan pikiran

Untuk menjadi pemain game yang professional maka dibutuhkan waktu tidak singkat. Bahkan agar fasih dalam permainan electronic sport seseorang harus berlatih dengan perkiraan waktu yang hampir sama dengan olahraga judo. Memainkan game perlu menguasai teknik, strategi untuk mengalahkan lawan.

  1. Game identik dengan kompetisi

Jika selama ini olahraga fisik sering dipertandingkan dan menjadi ajang kompetisi, maka hal tersebut juga berlaku pada game. Pasalnya game juga merupakan pertandingan yang dilakukan oleh individu atau kelompok. Seperti pertandingan game online League of Legends yang dipertandingkan pada Sea Games lalu.

Meskipun tergolong olahraga fisik menengah, Electronic sport juga memiliki aturan sama seperti olahraga fisik. Hal tersebut bertujuan agar pada permainan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kecurangan. Selain itu juga terdapat sanksi atau hukuman bagi pemainnya yang melanggar terhadap peraturan tersebut.