Daftar Turnamen Esports Yang Paling Diincar Di Indonesia

Daftar Turnamen Esports Yang Paling Diincar Di Indonesia

Esports kini tidak hanya dilabeli dengan kompetisi game biasa, melainkan suatu kegiatan yang mendapat dukungan Pemerintah Indonesia. Dibuktikan dengan diadakannya turnamen Piala Presiden untuk electronic sports. Turnamen ini menjalin kerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Pemuda dan Olahraga. Bekerjasama pula dengan Kantor Staf Kepresidenan, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Selain Piala Presiden, tentunya masih banyak turnamen lain yang dinanti oleh atlet electronic sports profesional. Berbagai turnamen dari jenis games berbeda diadakan dengan jumlah hadiah yang tidak main-main. Banyak organizer yang berlomba-lomba mengadakan turnamen di Indonesia dengan hadiah yang dijanjikan hingga miliaran rupiah.

Turnamen Dota 2 Invitationals

Turnamen ini menjadi salah satu yang menjanjikan hadiah paling tinggi. Total hadiahnya sendiri adalah US $500 ribu atau setara dengan lebih dari Rp 7 miliar. Kejuaraan ini merupakan hasil inisiasi anak perusahaan ONE Championship sebagai property media olahraga global paling besar di Asia. Pelaksanaannya di Indonesia menggandeng PGL sebagai penyelenggaranya.

Turnamen ini sendiri rencanaya akan digelar pada tanggal 23 hingga 29 November, tahun 2020. Acaranya sendiri akan dilengkapi dengan sesi meet and great hingga parade cosplay. Sebelumnya turnamen ini telah dilaksanakan di Singapura pada tahun 2019. Vici Gaming yang berasal dari China berhasil menyabet gelar juara.
Piala President Esports 2020

Turnamen ini secara resmi telah digelar dengan total hadiah mencapai Rp 1,5 miliar. Hari Minggu 13 Oktober 2019, telah dilakukan kick off turnamen tersebut yang dilakukan di Lapangan Tennis Indoor Senayan. Terdapat 7 negara Asia Tenggara sebagai peserta, yaitu Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Kamboja, Singapura, dan Filipina.

Terdapat 4 games yang dipertandingkan, diantaranya adalah PES 2020 dan Free Fire. Selain itu terdapat game casual yang telah bekerjasama dengan Mobile Player League. Terakhir adalah merupakan hasil pengembangan game lokal. Babak kualifikasi telah dilakukan di masing-masing negara peserta. Final sendiri diadakan pada 1 hingga 2 Februari 2020.

Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL ID) Season 5

Turnamen esports Mobile Legends juga merupakan salah satu dengan hadiah terbesar selain Dota 2. Total hadiahnya sendiri adalah lebih dari Rp 4 miliar. Moonton menyelenggarakan season 5 ini pada tanggal 7 Februari dan akan berakhir April 2020. MPL ID Season 5 ini untuk menambah popularitasnya di negeri akan disiarkan secara langsung.

Terdapat 8 tim yang turut bertanding memperebutkan gelar juara. Daftar tim tersebut antara lain Alter Ego, Bigetron Alpha, Aura, Geek Fam ID, EVOS Legends, RRQ, Genflix Aerowolf, dan ONIC. Namun pada pecan keenam turnamen ini telah diputuskan diselenggarakan tanpa penonton. Hal tersebut dipertimbangkan karena merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia.

PUBG Mobile Pro League (PMPL) 2020

PMPL 2020 seri Indonesia akan digelar dari tanggal 6 hingga 29 Maret 2020. Hadiahnya sendiei adalah US $1 juta atau setara dengan lebih dari Rp 14,2 miliar. Turnamen ini nantinya menjadi akses untuk tim profesional yang kemudian akan bertarung dalam PUBG Mobile World League 2020.

Baca juga: Cara Download RF Private Server Untuk Gamers Pemula

Banyak tim besar yang menjadi peserta ajang kompetisi PUBG tersebut. Nantinya tim akan dibagi menjadi 3 kelompok grup yang terdiri masing-masing grupnya sebanyak 8 tim. Seperti MPL ID Season 5, karena merebaknya Covid-19, turnamen PMPL ini pun resmi tertutup untuk umum. Namun anda bisa tetap menyaksikannya melalui live streaming facebook.

Selain keempat turnamen tersebut, masih ada beberapa jenis lainnya yang juga ditunggu-tunggu di Indonesia. Diantaranya adalah AOV Star League, Point Blank National Champion Ship, dan IESPL Tokopedia Battle of Friday. Berbagai turnamen itu tentunya juga menjanjikan hadiah hingga miliaran rupiah bagi pemenang ajang esports tersebut.