5 Game Online Paling Rutin Muncul Di Turnamen Esport

5 Game Online Paling Rutin Muncul Di Turnamen Esport

Eksistensi game online kini mulai diakui dunia. Hal ini terlihat dari banyaknya turnamen esport yang diadakan di berbagai belahan dunia. Esport kini mulai diperhitungkan sebagai salah satu cabang olahraga yang menjanjikan.  Negara negara maju seperti Jepang, Amerika, dan yang lainnya rutin mengadakan turnamen esport setiap tahunnya.

Di Indonesia esport juga sudah mulai mendapat dukungan dari banyak pihak. Saat Asian Games 2018 kemarin, esport manjadi salah satu olahraga yang dipertandingkan, dan Indonesia bahkan berhasil meraih mendali emas. Hal ini membuat esport mendapat apresiasi positif dari pemerintah.

Salah satu alasan mengapa turnamen esport sangat digemari adalah hadiah yang ditawarkan bisa mencapai miliaran rupiah. Oleh karena itu atlet-atlet esport bisa mendapatkan kehidupan yang layak hanya dari bermain game. Para gamer bukan lagi dipanggil dengan sebutan gamer malainkan seorang atlet.

Game Online yang Sering di Pertandingkan di Esport

Namun tidak semua game bisa dipertandingkan di turnamen esport. Karena ada beberapa ketentuan suatu game layak berada di turnamen esport. Secara umum hanya game game yang populer di seluruh dunia yang muncul di turnamen esport. Beberapa game berikut ini sangat sering dipertandingkan di turnamen esport.

  1. Arena of Valor

Arena Of Valor

Arena of Valor atau sering juga disebut AOV merupakan salah satu game yang paling sering muncul di turnamen esport. Bahkan pada tahun 2018 diadakan turnamen AOV Internasional Championship. Total hadiah yang diperebutkan saat itu kira kira 9 miliar rupiah. Hal inilah salah satu penyebab banyaknya komunitas AOV bermunculan.

  1. Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends

Mobile Legends juga merupakan salah satu game online yang paling rutin muncul di turnamen esport. Di Indonesia sendiri Mobile Legends menjadi salah game yang paling banyak di download. Oleh karena itu game yang satu ini sudah sering dipertandingkan di tingkat nasional. Jika Anda berniat mengikuti turnamen esport, Mobile Legends bisa menjadi pilihan Anda.

Baca juga: 3 Kelebihan Fortnite Dibanding Game Battle Royale Lainnya

  1. PUBG

PUBG

PUBG juga merupakan game yang paling sering muncul di turnamen esport. Salah satu alasannya karena game yang satu ini bisa dimainkan oleh 100 orang pemain secara bersamaan. Setiap tahun turnamen esport untuk PUBG diadakan, baik di tingkat nasional atau pun di tingkat internasional.

  1. Clash Royale

Clash Royale

Clash Royale merupakan game dengan genre real time strategi. Game yang satu ini juga jadi langganan pada turnamen esport. Pada Asian Games 2018 kemarin, game ini salah satu yang dipertandingkan. Clash Royale juga memiliki penggemar yang sangat banyak di Indonesia. Oleh karena itu game yang satu ini sering diadakan turnamen e- sport nya baik untuk tingkat lokal atau pun nasional.

  1. Point Blank

Point Blank

Point Blank merupakan salah satu game yang sejak dulu sudah populer di Indonesia. Bahkan beberapa pemain dari Indonesia sudah sering menjuarai turnamen esport internasional. Game yang satu ini menghadirkan langsung pertempuran dengan lawan. Jika Anda berniat jadi atlet esport game Point Blank bisa Anda jadikan sarana.

Kategori Game Esport

Untuk bisa dipertandingakan di turnamen esport suatu game harus memenuhi beberapa syarat. Salah satu syaratnya adalah game tersebut harus memenuhi tiga unsur utama yakni kompetitif, berimbang dan diminati banyak orang. Kompetitif artinya game tersebut harus memunculkan satu pemenang.

Baca juga: Inilah Alasan Bermain Game Free Fire Online Paling Seru

Berimbang maksudnya seluruh pemain memiliki kesempatan yang sama untuk menang. Tidak ada pemain yang diuntungkan posisinya. Oleh karena itu pertandingan jadi berlangsung dengan adil. Selain itu game tersebut juga harus diminati banyak orang. Jika satu game memiliki pengguna hampir diseluh dunia, maka game online tersebut layak berada di turnamen esport.