3 Game Esport Paling Sering Ditandingkan Tahun Ini

3 Game Esport Paling Sering Ditandingkan Tahun Ini

  • Post Author:
  • Post Category:eSport

Belakangan ini, keberadaan olahraga elektronik atau yang dikenal sebagai eSport menjadi semakin populer di Indonesia.Pasalnya, game yang biasa hanya dimainkan untuk mengisi waktu luang kini dipertandingkan dengan serius. Menariknya lagi, olahraga ini pun semakin berkembang dengan banyaknya media gaming  sertagamer professional yang bergabung.

Setelah sempat menjadi cabang olahraga uji coba pada SEA Games 2018, electronic Sport pun dijadikan cabang pertandingan resmi dalam acara SEA Games 2019 di Filipina.Penyambutan positif masyarakat tentu menjadi alasan kuat untuk tetap dipertandingkan. Nah, berikut sudah kami rangkumkan daftar game electronic Sport paling sering ditandingkan.

Mobile Legends: Bang Bang

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Mobile Legends telah menjadi game online paling populer. Bahkan, Lius Andre selaku electronic sport Manager Moonton Indonesia mengungakpkan bahwa game ini menjadi nomor 1 di beberapa negara seperti Indonesia, Myanmar, Filipina, Singapura dan Malaysia.

Mobile Legends: Bang Bang merupakan permainan jenis MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) dimana setiap pemain bebas memilih hero dan membentuk sekutu untuk menghancurkan base lawan. Game yang dikembangkan oleh Moonton ini dapat dimainkan hingga 10 orang. Untuk menjadi pemenang ML sangat dibutuhkan kerjasama yang baik.

Baca juga: Rotasi Skill Untuk Para Hero Di Mobile Legends

Game ini menjadi salah satu cabang olahraga dalam SEA Games 2019 lalu yang berlangsung di Filipina. Selain itu, Mobile Legends juga dipertandingkan dalam banyak ajang bergengsi seperti Piala Presiden Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang Professional maupun Mobile Legends Bang Bang South East Asia Cup 2019.

Dalam ajang MSC 2019 yang digelar di Smart Araneta Coliseum Manila ini, salah satu tim Indonesia yaitu ONIC Esport berhasil menjadi juara. Mereka memenangkan pertandingan yang diikuti oleh 9 dengan total 12 tim. ML sendiri adalah game online yang dapat dimainkan di iOS maupun Android.

PUBG (PlayerUnknowns’s Battlegrounds)

PlayerUnknowns’s Battlegrounds atau yang akrab dikenal sebaga PUBG merupakan permainan battle royale yang populer akhir-akhir ini. Menariknya, game ini dapat dimainkan oleh 100 pemain sekaligus dari berbagai lokasi. Saat bermain, setiap pemain diberikan kebebasan untuk melakukan pertempuran solo atau membentuk tim berisi beberapa pemain.

Pemenang dalam game ini adalah pemain yang terakhir hidup, jadi tujuan utama permainan ini bukanlah menyerang tetapi bertahan hidup. Saat membentuk tim, Anda diberikan kebebasan untuk mengundang teman dekat dalam permainan. Game ini bisa dimainkan menggunakan PC maupun secara mobile.

Baca juga: Tim Esport Mobile Legends Indonesia Terbaik Dan Terpopuler

Hampir menyamai Fornite, game ini telah memiliki 200 juta pemain.Oleh karenanya, tidak mengherankan jika PUBG menjadi cabang electronic Sport paling sering ditandingkan. Beberapa pertandingan eSport divisi ini yaitu PUBG Esport Global Champion, PMCO (PUBG Mobile Club Open) dan PINC 2019 (PUBG Mobile Indonesia National Championship 2019).

PINC 2019 digelar di 13 kota besar Indonesia dengan hadiah total 1 miliar. Salah satu tim PUBG Indonesia yang patut diacungi jempol yaitu Bigetron Esport. Tim ini berhasil menduduki peringkat 5 dalam turnamen PUBG dunia pada tanggal 26-28 Juli 2019 yang digelar di Berlin, Jerman.

Game Dota 2

Selain Mobile Legends, game eSport genre MOBA lainnya yang paling sering ditandingkan yaitu Dota2. Permainan dengan lebih dari 100 karakter ini dikembangkan oleh Velve Corporation. Game multiplayer mengajak para pemainnya untuk mengoleksi tambahan energy, senjata maupun perangkat tambahan untuk meningkatkan kekuatan pertarungan.

Beberapa ajang pertandingan Dota 2 yang menarik perhatian gamers yaitu SEA Games 2019, Dota 2 The International dan ESL One. Selain itu, game ini juga turut meramaikan ajang electronic Sport terbesar di Asia Pasifik yaitu Asia Pasific Predator League 2019 yang diadakan oleh Acer.